Creepy Creezpi | Your Daily Horror

Kamis, 21 Januari 2016

Deep Web, Sisi Terdalam Dunia Internet




Selamat Malam!!


Saya yakin kamu semua yang lagi baca tulisan ini bertanya-tanya, apa sih Deep Web itu?

Nah sebelumnya saya mau kasih tau dulu nih orientasinya. Dilihat dari sifatnya, website terbagi menjadi dua, yakni:

1. Surface Web

2. Deep Web

Sekarang saya ingin kamu membayangkan sebuah bongkahan es raksasa bagaikan pulau, yang memiliki dua sisi secara vertikal. Satu sisi terlihat oleh kita diatas permukaan laut, sisi lainnya berada di bawah permukaan laut dan tidak terlihat


Sisi yang terlihat itu merupakan “Surface Web”, sedangkan sisi yang tidak terlihat merupakan “Deep Web”.Bisa anda bayangan? Great!

Sekarang, Apa perbedaan Surface Web dan Deep Web?

Surface web, adalah website yang telah di index oleh google (jadi kalo kita searching, bisa ketemu, gituu), website-website umum seperti facebook, youtube, wikipedia, dll. Besarnya sendiri hanya 4% dari web yang tersebar di internet.


Deep web, adalah istilah yang mengacu pada 96% konten di internet. Informasi ini tidak bisa sembarangan diakses atau dicari dengan search engine dan sebagian besar isinya adalah informasi yang tidak penting atau bahkan ilegal.



Bayangkan!!

Ternyata data di internet yang selama ini kita akses informasinya (Surface Web) hanya sebanyak 10% jika dibandingkan dengan Deep Web. Saya sendiri kaget saat pertama kali tahu perihal ini, ternyata internet juga merupakan suatu hal yang misterius yang ada di dunia ini.


Universitas California pada tahun 2001 melakukan extrapolasi, kemudian memperkirakan bahwa Deep Web memiliki ukuran sekitar 7,5 petabyte atau 7500 terabyte. Pada tahun 2003, ukuran Deep Web meningkat hingga 91.850 petabyte atau 91850000. Terdapat sekitar 300.000 situs Deep Web yang ada di seluruh Web pada tahun 2004.


Menurut para ahli, sebagian besar konten deep web berisi tentang database-database dari hasil penelitian/riset yang dilakukan oleh lembaga-lembaga akademis dan lembaga-lembaga pemerintahan serta situs-situs pribadi. Ini mungkin salah satu penyebab “hidden” nya situs-situs pada deep web karena memang bukan untuk konsumsi umum.

Namun pada sebagian deep web juga terdapat situs-situs yang tidak biasa. Misalnya situs tempat jual-beli narkoba, pornografi ilegal, jasa pembunuh bayaran, eksperimen-eksperimen ilegal pada manusia, jasa hacking, serta penjualan informasi kartu kredit. Ada yang beranggapan bahwa situs pada deep web yang menyediakan jasa pembunuh bayaran dan eksperimen ilegal tersebut palsu. Transaksi yang ada di deep web menggunakan Bitcoin, yaitu mata uang yang digunakan di internet yang tidak dapat di lacak serta tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi global.

Mitosnya ada bagian dari deep web ini yang sangat-sangat dalam,sehingga diperlukan cara-cara khusus serta hanya orang-orang tertentu yang dapet mengaksesnya, yang dinamakan Marianas web (dari palung mariana, titik terdalam di bumi). Isi dari situs-situs mariana trench konon adalah data-data yang paling rahasia dari umat manusia. -kaskus
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar