Creepy Creezpi | Your Daily Horror

Jumat, 22 Juli 2016

Siapa dan Apa Sebenarnya Psikopat Itu?


Apa yang terlintas dalam benak anda ketika mendengar kata Psikopat?


Pembunuh, penjahat, kejam dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya seorang psikopat itu tidak selalu seorang pembunuh lho. Mungkin karena doktrin dari film-film horror atau thriller yang kita tonton, yang selalu menggambarkan seorang psikopat sebagai seorang pembunuh sadis, kita jadi berpikir bahwa psikopat itu sama dengan pembunuh. Nyatanya tidak demikian.

Menurut ilmu psikologi, psikopat adalah suatu penyakit kejiwaan yang membuat para pengidapnya menjadi antisosial dan selalu melakukan perbuatan yang merugikan orang lain di sekitarnya. Namun yang harus digarisbawahi disini adalah, meskipun psikopat ini merupakn penyakit kejiwaan, tapi tidak sama dengan gila. Orang yang gila tidak sadar sepenuhnya apa yang dia lakukan, berbeda dengan orang yang mengidap sosiopat atau psikopat, mereka sadar sepenuhnya dengan apa yang mereka lakukan, sekalipun itu bukan tindakan yang benar. Dan percaya atau tidak, psikopat yang saat ini dipenjara atau dalam perawatan lebih sedikit jika dibandingkan dengan yang berkeliaran di sekitar kita.

Menurut saya, psikopat itu sebenarnya cerdas, mereka sangat pandai memanipulasi orang, bisa mengambil alih sesuatu dengan kepercayaan dirinya yang tinggi, bahkan menempati posisi-posisi penting dalam pekerjaan atau masyarakat. Kebohongan-kebohongan mereka bisa sangat dipercaya, dan inilah yang kemudian akan memakan korban nantinya.

Psikopat sebenarnya memiliki beberapa ciri-ciri umum, namun ciri-ciri ini tidak dapat langsung menilai secara akurat apakah orang tersebut benar-benar psikopat atau tidak, membutuhkan penelitian mendalam untuk mendapatkan kebenarannya. Namun saya akan mencoba untuk membagikan beberapa ciri-ciri umum yang biasanya dimiliki oleh psikopat, diantaranya adalah :


  1. Suka berbohong
  2. Egosentris atau menganggap dirinya hebat
  3. Senang melakukan pelanggaran di waktu kecil
  4. Tidak peduli dengan masyarakat sekitar
  5. Kurang empati, bagi psikopat, memotong kepala ayam dan manusia tidak ada bedanya
  6. Impulsif atau sulit mengendalikan diri
  7. Manipulatif dan curang
  8. Hidup sebagai parasit, mengorbankan orang lain demi diri sendiri
  9. Memiliki perkiraan dengan akurasi tinggi
  10. Biasanya lebih cerdas dari orang lain


Dalam beberapa kasus, pengidap psikopat yang sudah parah dapat sangat merugikan orang lain, mereka berbuat kriminal demi kesenangan diri sendiri atau demi kepuasan diri sendiri. Sebut saja Ted Bundy, seorang pembunuh berantai dari Amerika Serikat, dia membunuh lebih dari 30 orang wanita dalam kurun waktu 5 tahun (1973-1978). Ted Bundy terkenal sebagai orang yang tampan dan cerdas, dengan kelebihannya itulah dia menarik hati para korbannya yang kemudian terjebak dalam tipuannya.

Ted Bundy
Orang yang psikopat terutama yang sudah parah, cenderung berbahaya, oleh karena itu kita harus tetap waspada dan menjaga keamanan diri sendiri. Agar tidak mudah menjadi korban orang-orang tersebut.


Jadi, Apa kamu psikopat?
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar